Minggu, 14 Desember 2014

MAKALAH TENTANG MICROSOFT EXCELL



BAB I
PENDAHULUAN

A.                     LATAR BELAKANG
Microsoft Excel (MS-Excel) merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. Excel akan sangat membantu kita dalam hal menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mampu mempresentasikan data dalam bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang disediakannya, mulai dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line dan banyak lagi. Excel 2000 merupakan pengembangan dari excel versi sebelumnya yang lebih ditingkatkan fungsinya dan dikonsentrasikan agar spreadsheet ini lebih familiar (mudah dipakai), lebih fleksibel, lebih mudah diintegrasikan dengan program office lainnya dan yang tak kalah penting adalah kemampuan untuk langsung berhubungan dengan internet. Walaupun demikian, Excel 2000 ini akan selalu dikembangkan oleh pihak Microsoft sehingga akhirnya kita betul-betul dimanja oleh software Microsoft ini.
Dalam makalah ini kami menjelaskan mengenai cara menggunakan Mikcrosoft Excel khususnya dalam dunia pendidikan.Karena fungsi Microsoft Excel sangat berperan penting dalam dunia pendidikan khusunya bagi para calon guru.Contoh bahwa Microsoft Excel sangat berperan penting dalam dunia pendidikan misalnya dalam mengentri data – data nilai siswa,merangking hasil belajar siswa,pembayaran SPP siswa,presensi kehadiran,dan lain – lain. Dengan alasan tersebut kami menyusun makalah Microsoft Excel ini demi menunjang bagaimana cara menggunakan Microsoft Excel.Dengan demikian pembaca dapat menggunakan makalah ini sebagai tuntunan dalam mempelajari Teknologi Informasi khususnya dalam bidang Microsoft Excel.

B.                     TUJUAN
1.      Mengetahui definisi dan fungsi Microsoft Excel
2.      Mengetahui cara menggunakan Microsoft Excel dengan baik dan benar
3.      Dapat mengaplikasikan Microsoft Excel dalam bidang pendidikan

C.                     RUMUSAN MASALAH
1.      Apa definisi dan fungsi Microsoft Excel?
2.      Bagaimana cara menggunakan Microsoft Excel dengan baik dan benar?
3.      Bagaimana cara mengaplikasikan Microsoft Excel dalam bidang pendidikan?



















BAB II
PEMBAHASAN


A.                     SEJARAH PERKEMBANGAN MICROSOFT EXCEL
1) SEBELUM ADA EXCEL
Program lembar kerja kalkulasi atau electronic spreadsheet merupakan impian dari Dan Bricklin dan Bob Frankston.Mereka mewujudkannya pada sebuah program yang diberi nama VisiCalc pada akhir tahun 70-an ketika personal computer mulai merambah lingkungan perkantoran.Program ini dibuat untuk dioperasikan di bawah computer Aplle II.Ketika IBM PC muncul pada tahun 1982,saat VisiCalc dipersiapkan untuk dapat beroperasi di sistem baru ini Mich Kapor dan Jonathan Sachs di Cambridge,Massachusetts telah mempersiapkan saingannya melalui Lotus Development Corporations,produk yang mereka beri nama 1-2-3.Program inilah yang kemudian meroket bersama berkembangnya IBM PC hingga beberapa tahun kemudian Lotus 1-2-3 dijadikan standar proram lembar kerja kalkulasi.Pengguna komputer IBM rela merogoh kantongnya senilai $ 459 untuk paket program Lotus 1-2-3 versi 1.( bandingkan Excel 2002 dijual denga harga resmi sekitar $ 105 saja saat lounching )*.Saat itu program-program lain yang mengkhususkan diri di bidang spreadsheet diantaranya adalan MultiPlan yang dibuat oleh Microsoft.Hingga saat itu program-program teresebut masih dalam tampilan teks atau character based ( bukan WYSIWYG seperti sekarang )

2) VERSI-VERSI EXCEL
EXCEL 1
Sebagai pengembangan dari Multiplan,pada tahun 1985 Microsoft Corporation mulai merilis Excel dengan tampilan grafis yang dikenal dengan istilah What You See Is What You Get alias apa yang terlihat di layer monitor akan sesuai engan apa yang dihasilkan jika dicetak.Program ini dibuat untuk beroperasi di bawah computer Macintosh yang sistem operasinya sudah berbasis grafis.

EXCEL 2
Versi perbaikan ini muncul tahun 1987.Sebenarnya program ini dipersiapkan unutk dapat beroperasi di luar computer Macintosh yang sistem operasinya belum berorientasi grafis.Untuk itulah diperlukan sistem operasi baru Microsoft Windows.Dengan demikian bagi pengguna IBM PC, inilah versi pertama munculnya Microsoft Excel for Windows.


EXCEL 3
Pada akhir 1990 dirilis Microsoft Excel 3 for Windows.Versi ini menawarkan banyak perkembangan yang sangat berarti,seperti mulai digunakannya toolbar,kemampuan membuat gambar ( drawing tool ),worksheet outlining,dukungan add-in,grafik 3-D,workgroup editing dan sebagainya.

EXCEL 4
Excel 4 mulai merambah pasaran pada musim semi tahun 1992.Munculnya program ini bertepatan dengan makin populernya sistem operasi windows 3.1 dan menampilkan banyak fasilitas baru.Versi inilah yang disebut sebagai first popular version.

EXCEL 5
Versi ini mulai diedarkan di awal 1994.versi ini membawa segudang pembaruan termasuk mulai dipakainya multisheet workbook ( sebuah workbook yang mampu bersisi lebih dari 1 lembar kerja ).Pada versi ini pula mulai dipergunakan bahasa pemrograman VBA.Di versi ini Excel meninggalkan istilah database dan menggunakan istilah list ( daftar ),dan dilengkapi dengan fasilitas Pivot Table.



EXCEL 95 atau EXCEL 7**
Beredar pada musim panas tahun 1995.Ini adalah versi pertama dari excel 32 bit yang beroperasi di bawah sistem operasi 95.Di sini disertai banyak fasilitas yang memudahkan pemakai,tetapi pada dasarnya tidak banyak bedanya dengan Excel 5.

EXCEL 97 atau EXCEL 8
Versi ini menawarkan tampilan dan kemampuan baru dari VBA developer.Tampilan toolbar dan menu diperbarui,fasilitas online help,jumlah baris dalam lembar jumlahnya bertambah 4 kali lipat.Excel 97 juga mempunyai file format yang berbeda ( tidak dapat dibuka pada versi sebelumnya ).Dilengkapi dengan Conditional Formatting,Data Validation dan AutoComplete serta masih banyak lagi.

EXCEL 2000 atau EXCEL 9
Dirilis bulan Juni 1999 untuk menyambut milenium baru .Fasilitas barunya yang cukup signifikan adalah munculnya file format dalam HTML,kemampuan yang disebut self repair dan kemampuan menyimpan objek hingga 12 buah dalam clipboard,sehingga ada istilah multiple past untuk meletakkan lebih dari satu objek dari clipboard.Format filenya masih kompatibel dengan Excel 97.

EXCEL 2002 atau EXCEL 10
Dirilis 31 Mei 2001,dan menjanjikan banyak kemudahan bagi pemakainya.Tampilan grafis yang baru,file recover yang menjamin tersimpannya keadaan terakhir suatu file ketika terjadi masalah ( hang ).Fasilitas error checking smart tag yang memberi peringatan jika kemungkinan terjadi kesalahan pada suatu sel.Disediakannya Function Argumen Tool Tip yang akan dapat terhubung dengan help sehingga mampu.
menginformasikan apa maksud argument yang harus diisikan pada suatu fungsi Excel.
Disamping versi-versi utama yang disebutkan diatas,Microsoft masih juga mengeluarkan versi-versi perbaikan pada setiap release Excel yang diras mempunyai kelemahan.Sebagai Contoh,Excel 97 disertai SR1 dan SR2 sebagai versi perbaikan.Pada Versi 2002 juga ada perbaikan terutama pada fasilitas Drawing Tool.

MICROSOFT EXCEL 2003
Microsoft Excel 2003, untuk selanjutnya disingkat Excel (untuk memudahkan membaca tutorial ini), adalah program aplikasi yang bisa digunakan untuk menghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan mempresentasikan data. Disini kita akan banyak bersinggungan dengan metode pembuatan tabel, formula dan grafik yang sangat dibutuhkan sekali dalam penyusunan data-data penelitian, data usaha dan atau hal-hal lain yang berhubngab dengan fungsi excel dalam kehidupan sehari-hari.

MICROSOFT EXCEL 2007
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.




B.                     LEMBAR KERJA MICROSOFT EXCEL 2007

    Microsoft Excel 2007 memiliki tampilan antarmuka berbeda dari versi – versi sebelumnya. Daftar perintah yang biasa dikelompokkan dalam menu, kali ini dikelompokkan dalam beberapa tab yaitu : Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, dan View.
    Masing-masing kategori memiliki toolbar yang dikelompokkan sesuai dengan kriterianya dan dapat diakses secara cepat dan mudah. Selengkapnya tentang lembar kerja atau tampilan antarmuka Excel 2007 ditunjukkan pada gambar berikut:

JENIS-JENIS POINTER MS. EXCEL
Berbeda dengan pointer dalam Microsoft Word, dalam Excel pointer selain berguna sebagai penunjuk cell atau objek juga dapat digunakan untuk operasi lain. Berikut beberapa jenis pointer dalam Excel beserta fungsinya.

JENIS POINTER       FUNGSI
    Loading … Memilih cell/range
    Loading … Memindah cell dan objek
    Loading … Memperlebar/mempersempit kolom
    Loading … Memperlebar/mempersempit baris

    Loading … Mengopi cell dan fungsi didalamnya

Tombol Penggerak Pointer Microsoft Excel Untuk anda dapat bekerja dengan baik dan cepat dalam Excel 2007, anda dapat memanfaatkan beberapa konfigurasi khusus untuk menggerakkan pointer/kursor. Berikut daftar tombol-tombol penggerak pointer :

TOMBOL       FUNGSI
    Anak panah kanan (→)       Menggerakkan pointer satu cell ke kanan
    Anak panah kiri (←)           Menggerakkan pointer satu cell ke kiri
    Anak panah bawah ( ↓ )      Menggerakkan pointer satu cell ke bawah
    Anak panah atas ( ↑ )          Menggerakkan pointer satu cell ke atas
    Page Down             Menggulung dokumen satu layar ke bawah
    Page Up      Menggulung dokumen satu layar ke atas
    Ctrl + →      Pointer ke kanak ke akhir data (tanpa selang)
    Ctrl + ←      Pointer ke kiri ke akhir data (tanpa selang)
    Ctrl + ↓        Pointer ke bawah ke akhir data (tanpa selang)
    Ctrl + ↑        Pointer ke atas ke akhir data (tanpa selang)
    Home          Pointer ke awal baris
    Ctrl + Home            Ke awal worksheet (A1)
    Ctrl + End   Ke akhir sebuah data (bedakan dengan data tanpa selang)
    Alt + Page Down    Menggulung dokumen satu layar ke kanan
    Alt + Page Up         Menggulung dokumen satu layar ke kiri
    Ctrl + Page Down   Pindah ke sheet berikutnya
    Ctrl + Page Up        Pindah ke sheet sebelumnya
    Ctrl + F6     Pindah ke workbook berikutnya, untuk kembali ke workbook sebelumnya tekan Ctrl + F6
    F6    Berpindah antar jendela jika jendela di bagi dua
    Tab Menggerakkan pointer dalam worksheet yang diproteksi
    Intruksi-intruksi Blok Ms. Excel 2007 – Intruksi menggunakan Mouse
    PERINTAH            FUNGSI
    Klik batang kolom (Column Headers)        Memblok 1 kolom
    Klik batang baris (Row Headers)   Memblok 1 baris
    Klik + Seret mouse (drag)   Memblok sekumpulan data (range)
    Ctrl + Klik atau seret          Memblok beberapa range
    Intruksi menggunakan keyboard
    TOMBOL   FUNGSI
    Shift + Anak panah kanan Memblok 1 cell ke kanan
    Shift + Anak panah kiri      Memblok 1 cell ke kiri
    Shift + anak panah bawah Memblok 1 cell ke bawah
    Shift + Anak panah atas     Memblok 1 cell ke atas


C.                     MENGENAL WORKBOOK DAN WORKSHEET MICROSOFT EXCEL 2007
Secara teknis, sebuah dokumen excel biasa disebut dengan workbook (buku kerja). Sebuah workbook umumnya memiliki beberapa worksheet (buku kerja). Secara default sebuah workbook Excel memiliki 3 buah worksheet. Setiap worksheet biasanya mewakili sebuah halaman dokumen. Beberapa dokumen/worksheet yang saling berhubungan dapat anda kelompokkan menjadi sebuah workbook. Hal ini dapat membantu anda mengklasifikasikan dokumen sesuai dengan keperluan.

    Sebuah worksheet memiliki tampilan sama seperti table dalam Ms.Word, tetapi dengan kemampuan perhitungan yang lebih komplit dibandingkan kemampuan dari table Ms.Word. Sebuah workbook baru terdiri dari 3 buah worksheet yang diberi nama Sheet1, Sheet2 dan Sheet3. Ketika anda menekan tab worksheet, Excel akan menampilkan isi dari Worksheet yang bersangkutan.
   
Cara Menambahkan Workbook Ms. Excel 2007.
  
 Cara 1:
        Klik Office Button ( ) yang terletak pada pojok kiri atas dokumen.
        Pilih New.
        Pada kotak dialog yang muncul pilih Blank Workbook.
        Klik Create

    Cara 2:
        Tekan tombol Ctrl bersamaan dengan tombol N (Ctrl+N) pada keyboard.
    Cara Menambahkan Worksheet Ms. Excel 2007 .
    Cara 1:
    Tekan tab Insert Worksheet yang terletak disebelah kanan Sheet3.
    Cara 2:
    Tekan tombol Shift+F11 pada keyboard.
   
Cara 3:
        Klik kanan pada salah satu tab worksheet
        Pilih Insert
        Pada kotak dialog yang muncul pilih Worksheet
        Klik OK.

    Cara Mengganti Nama Worksheet.
    Cara 1:
        Klik kanan tab worksheet yang akan diganti namanya
        Pilih Rename.
        Ketikkan nama baru.

    Cara 2:
        Klik 2 kali tab worksheet yang akan diganti namanya
        Ketikkan nama baru

    Cara Menghapus Worksheet .

        Klik kanan tab worksheet yang akan dihapus
        Pilih Delete

   
Cara Membuka Workbook Microsoft Excel 2007
    Cara 1:
        Klik Office Button.
        Pilih Open.
        Pada kotak dialog yang muncul pilih tempat penyimpanan workbook.
        Klik Open

    Cara 2:
        Tekan tombol Ctrl+O pada keyboard.
        Pada kotak dialog yang muncul pilih tempat penyimpanan workbook.
        Klik Open

    Cara Menyimpan Workbook
    Cara 1:

        Klik Office Button.
        Pilih Save.
        Pada kotak dialog yang muncul pilih tempat penyimpanan workbook.
        Pada kotak isian file name isikan dengan nama yang diinginkan.
        Klik Save

    Cara 2:

        Tekan tombol Ctrl+S pada keyboard.
        Pada kotak dialog yang muncul pilih tempat penyimpanan workbook.
        Pada kotak isian file name isikan dengan nama yang diinginkan.
        Klik Save

    Cara Menutup Workbook Microsoft Excel 2007
    Cara 1:

        Klik Office Button.
        Pilih Close.

    Cara 2:
    Klik tombol Close pada pojok kanan atas dokumen.
    Cara 3:
    Tekan tombol Ctrl+W pada keyboard.

D.                     MENGENAL KOLOM, BARIS, CELL DAN RANGE MICROSOFT EXCEL 2007
    Setiap worksheet terdiri dari kolom dan baris. Nama kolom diawali dengan huruf A, B, C, dan seterusnya. Nama baris diawali dengan angka 1, 2, 3, dan seterusnya. Perpotongan antara Kolom dan Baris disebut Cell. Nama Cell dituliskan berdasarkan nama Kolom dan Baris.
    Contoh:
    Cell A1 => merupakan perpotongan antara kolom A dan baris 1
    Cell D4 => merupakan perpotongan antara kolom D dan baris 4
    Nama Cell berguna untuk menentukan penggunaan rumus dan pengolahan data terhadap cell yang bersangkutan dan memudahkan penulisan rumus/formula.
    Contoh:
    Perkalian antara cell A1 dan D4 dapat dituliskan dengan =A1*D4
    Gabungan/kumpulan dari beberapa cell biasa disebut dengan Range.
    Contoh;
    Range (A1:D4) => merupakan hasil seleksi/gabungan cell A1 sampai D4.
    Range (D7:H10) => merupakan hasil seleksi/gabungan cell D7 sampai H10.
    Range berguna untuk mendefinisikan beberapa cell untuk operasi aritmatika ataupun statistik.
    Contoh:
    =SUM(A1:D10) => merupakan perintah untuk menjumlahkan cell pada jangkauan/range A1 sampai D10.
    Cara Menambah Cell Microsoft Excel 2007
    Untuk menambahkan cell baru didalam worksheet dapat dilakukan dengan cara:

        Klik tab Home
        Pilih kategori Cells
        Klik tanda panah pilihan insert
        Pilih Insert Cells
        Pilih salah satu opsi pilihan yang tampil
        Klik OK

    Cara Menambah Garis pada Ms. Excel 2007
    Untuk menambahkan baris baru didalam worksheet dapat dilakukan dengan cara:

        Klik tab Home
        Pilih kategori Cells
        Klik tanda panah pilihan insert
        Pilih Insert Sheet Rows

    Cara Menambah Kolom Microsoft Excel 2007
    Untuk menambahkan kolom baru didalam worksheet dapat dilakukan dengan cara:

        Klik tab Home
        Pilih kategori Cells
        Klik tanda panah pilihan insert
        Pilih Insert Sheet Columns

E.                     MENULIS TEKS DAN ANGKA DALAM CELL MICROSOFT EXCEL 2007
    Untuk menuliskan teks dan angka dalam sebuah cell dapat kita lakukan dengan mudah, cukup dengan seleksi cell yang ingin diisikan teks/rumus dan ketikkan isinya.
    Excel mengijinkan beberapa jenis pemasukan data antara lain :

                Labels : Teks berisi keterangan seperti nama, alamat dan keterangan lain. Untuk menuliskan tipe data ini cukup dengan klik cell yang akan diisi data, kemudian ketikkan teks yang akan ditampilkan
                Numbers : Teks berupa angka seperti 30, -198, 345,5 dan sebagainya. Untuk menuliskan tipe data ini cukup dengan klik cell yang akan diisi data, kemudian ketikkan angka akan ditampilkan. Penulisan karaktek koma(dalam format Indonesia)
                atau titik(dalam format Inggris) mendefinisikan angka decimal/pecahan.
                Tanggal dan waktu : Excel mengijinkan penulisan tanggal dan waktu sesuai dengan format yang dikenali.
                Untuk menuliskan tipe data ini cukup dengan menuliskan teks sesuai dengan format tanggal dan waktu.

    Contoh :

            Tanggal : 27/10/2008 atau 27-10-2008, dan sebagainya

            Waktu :  13:30:00

        Formula : Ekspresi untuk menghitung hasil numeric/teks berdasarkan rumus tertentu. Untuk menuliskan rumus/formula dalam excel dapat dilakukan dengan mengawali isi cell dengan karakter sama dengan (=) kemudian diikuti rumus yang diinginkan.
        Contoh : =A3+D9  menjumlahkan cell A3 dan D9.

    Cara Mengubah Isi Cell Microsoft Excel 2007
    Untuk mengubah isi data dari cell dapat dilakukan dengan 3 cara.
    Cara 1:

        Klik cell yang ingin diubah
        Aktifkan formula bar dengan cara klik diarea formula bar.

    Cara 2:

        Klik dua kali cell yang ingin diubah
        Kemudian ganti isinya dengan yang baru

    Cara 3:

        Klik cell yang ingin diubah
        Tekan tombol F2 pada keyboard.
        Kemudian ganti isinya dengan yang baru

    Cara Menghapus Isi Cell
    Untuk menghapus keseluruhan isi dari cell anda dapat lakukan dengan mengaktifkan cell tujuan kemudian tekan Delete. Sedangkan untuk menghapus data dalam sebuah range, dapat dilakukan dengan memblok cell yang akan dihapus, kemudian tekan Delete.

F.                      PENGATURAN / FORMAT CELL MS. EXCEL 2007
    Untuk mengatur tampilan dan format dari cell dapat dilakukan dengan cara:

        Klik tab Home
        Pilih kategori Cells
        Klik tombol Format
        Pilih Format Cells (atau dapat juga dengan menekan tombol Ctrl+1). Sehingga akan ditampilkan kotak dialog format cell.

    Dalam kotak dialog format cell, terdapat 6 buah tab pilihan format, yaitu :
    1. Numbering
    Digunakan untuk mengatur format angka dari cell. Terdapat 12 pilihan kategori jenis angka antara lain :
    Tabel 5
    2. Alignment
    Digunakan untuk mengatur perataan dari cell.
    Terdapat 4 buah pengaturan :
    1) Text alignment
    Digunakan untuk mengatur perataan teks,terdapat 2 buah opsi pengatura yaitu:
    Horizontal : Perataan secara horizontal
    Vertical derataan secara vertical
    2) Text control
    Wrap text : Membuat teks mengikuti ukuran lebar cell
    Shrink to fit : Membuat teks mengecil mengikuti lebar cell
    Merge cells : Menggabungkan cell
    3) Right-to-left
    Text Direction : Mengatur arah penulisan teks
    4) Orientation
    Mengatur derajat kemiringan dari teks.
    3. Font
    Digunakan untuk mengatur karakter huruf dari cell
    Terdapat 6 buah pengaturan :
    1) Font
    Digunakan untuk memilih jenis huruf yang diinginkan.
    2) Font Style
    Digunakan untuk memilih gaya penulisan (tergantung font),terdiri dari:

        Regular
        Italic (cetak miring) (Ctrl+I)
        Bold (cetak tebal) (Ctrl+B)
        Bold Italic (cetak tebal dan miring)

    3) Size
    Digunakan untuk mengatur ukuran huruf.
    4) Underline
    Digunakan untuk mengatur garis bawah huruf.
    5) Color
    Digunakan untuk mengatur warna huruf dan garis bawah.
    6) Effects
    Digunakan untuk memberi efek huruf, terdiri dari:

        Strikethrough : efek coretan
        Superscript : huruf berukuran kecil diatas karakter umum (seperti pangkat)
        Subscript : huruf berukuran kecil dibawah karakter umum.

    4. Border
    Digunakan untuk mengatur bingkai/garis luar dari cell
    Terdapat 4 buah pengaturan :
    Line
    Digunakan untuk mengatur jenis garis
    Color
    Digunakan untuk mengatur warna garis
    Presets
    None : tanpa bingkai
    Outline : memberi garis luar cell/range.
    Inside : memberi garis dalam cell/range
    Border
    Digunakan untuk memberi garis sesuai arah yang diinginkan.
  
 5. Fill
    Digunakan untuk memberi warna cell.
    Terdapat 3 buah pengaturan :
    Backgroud Color
    Digunakan untuk memilih warna latar belakang cell. Tombol pilihan Fill Effect digunakan untuk memberi warna dengan efek tertentu.
    Pattern Color
    Digunakan untuk memilih warna arsiran dari cell
    Pattern Style
    Digunakan untuk memilih jenis arsiran untuk cell
   
6. Protection
    Digunakan untuk melindugi isi cell dengan mengunci dan/atau menyembunyikan rumus didalam cell.

G.                     RUMUS-RUMUS MICROSOFT EXCEL 2007
    Salah satu kelebihan dari Excel 2007 sebagai program aplikasi pengolah angka adalah kemampuannya untuk melakukan proses penghitungan dengan cepat dan mudah. Untuk melakukan penghitungan, kita bisa menggunakan rumus dan fungsi. Rumus pada Excel mengikuti kaidah kaidah umum, namun penulisannya disesuaikan dengan keyboard. Misalnya kita ingin mengetikkan rumus “ 3×112 “ , maka kita menuliskannya pada Excel dalam bentuk “ 3*11^2 ”. Yang perlu diingat, penulisan rumus pada Excel harus diawali dengan tanda = . Sehingga contoh penulisannya “ =3*11^2 “.
    Cara Menulis Rumus Ms. Excel 2007
    Ada beberapa cara untuk menuliskan rumus/formula dalam excel.
    Cara 1:

        cell untuk mengaktifkan cell yang akan diberi rumus
        Kemudian ketikkan rumus yang anda inginkan pada formula bar, contoh : =F5-G5

    Cara 2:

        Klik cell untuk mengaktifkan cell yang akan diberi rumus
        Ketikkan sama dengan (=) pada keyboard. (disertai rumus tertentu jika perlu).
        Kemudian klik cell tujuan pertama.
        Ketikkan operator melalui keyboard
        Kemudian klik cell tujuan kedua.

    Cara 3:

        Klik cell untuk mengaktifkan cell yang akan diberi rumus
        Klik tombol insert function yang berada disebelah kiri formula bar, sehingga muncul kotak dialog.
        Pada bagian select category pilih kategori rumus.
        Kemudian pada bagian Select a function pilih rumus/fungsi yang diinginkan.
        Klik tombol OK, dan isikan data yang diperlukan.
        Klik OK.

    Cara Menyalin Rumus Excel – [
    Ada 2 cara untuk menyalin rumus dari satu cell ke alamat cell lain:
    Cara 1:

        Klik/Blok cell yang akan disalin
        Klik tab Home
        Pilih kategori Clipboard
        Klik tombol Copy (Ctrl+C)
        Klik/Blok cell tempat penyalinan
        Klik tombol Paste (Ctrl+V)

    Cara 2:

        Klik/Blok cell yang akan disalin
        Arahkan ke pojok kanan bawah dari cell sehingga akan muncul tanda kursor +
        Drag kursor kearah cell akan disalin (kanan/kiri/atas/bawah).

    Operator Aritmatika –
    Operator Aritmatika dipakai untuk penghitungan dasar-dasar matematika, misalnya penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan lain lain.
    Macam macam operator aritmatika:
    Tabel operator di sini
    Hierarki adalah urutan pelaksanaan eksekusi suatu operasi jika terdapat beberapa operator sekaligus dalam satu rumus. Untuk mempengaruhi urutan hierarki dapat dipengaruhi dengan mengelompokkannya menggunakan tanda kurung.
    Alamat Relatif dan Alamat Absolut –
    a. Alamat Relatif
    Jika kita punya sebuah rumus yang merupakan operasi dari beberapa cell, maka Excel akan menerjemahkan alamat relatif sebagai lokasi relatif suatu alamat cell atau range dari lokasi alamat lainnya.
    Contoh : Pada Cell E5 berisi rumus “ =E3*E4 “, Jika rumus tersebut di copy ke sel F5, maka akan otomatis berubah menjadi “ =F3*F4 “.’
    b. Alamat Absolut
    Alamat absolut adalah alamat yang selalu bernilai sama meskipun rumusnya di copy kan ke manapun. Penulisan alamat absolut selalu ditambahkan tanda “ $ “ pada nama kolom dan/atau nomor barisnya atau dengan menekan tombol F4 pada keyboard.
    Terdapat 2 jenis alamat absolut:
    1) Semi Absolut
    Pada alamat semi absolut, penguncian hanya dilakukan pada salah satu diantara kolom dan baris.
    Contoh:

        $C9 : Penguncian kolom C, dengan cara ini ketika cell dicopy kekanan alamat cell akan tetap dibaca sebagai $C9 bukan D9, namun ketika dicopy kebawah alamat cell akan berubah menjadi $C10.
        C$9 : Penguncian baris 9, dengan cara ini ketika cell dicopy ke bawah alamat cell akan tetap dibaca sebagai C$9 bukan C10, namun ketika dicopy ke kanan alamat cell akan berubah menjadi D$9.

    2) Absolut mutlak
    Pada alamat absolut mutlak, penguncian akan dilakukan pada kolom dan baris sekaligus.
    Contoh:
    Pada sel E3 kita isikan rumus “ =E2*$E$2 “. Jika rumus itu kita kopikan ke sel F4, maka rumusnya akan menjadi “ =F2*$E$2 “. Terlihat bahwa alamat E2 akan tetap. E2 disebut alamat absolut mutlak.

H.                     FUNGSI DALAM EXCEL
    Sebagai sebuah pengolah angka yang canggih, Excel 2007 menyediakan bermacam macam fungsi yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.
    Kategori fungsi yang disediakan antara lain :

        Fungsi Financial. Untuk mengolah data keuangan
        Fungsi Date & Time. Untuk mengolah data tanggal dan waktu.
        Fungsi Math & Trig, untuk mengolah data matematika dan trigonometri.
        Fungsi Statistical, untuk mengolah data statistik.
        Fungsi Lookup dan Reference, untuk mengolah data berdasarkan tabel & data referensi.
        Fungsi Database, untuk mengolah database.
        Fungsi Text, untuk memanipulasi teks.
        Fungsi Logical, untuk pengolahan data yang memerlukan pilihan pilihan logika.
        Fungsi Information, untuk mendapatkan informasi pada sel atau range.
        Fungsi Engineering, untuk pengolahan data teknik.

    Masing-masing kategori fungsi terdiri atas beberapa fungsi yang berbeda satu sama lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa Excel 2007 menyediakan banyak sekali fungsi dan sangat lengkap jenisnya.














BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
Jadi kesimpulan dari penyusunan makalah ini mengupas tuntas tentang bagaimana cara mengaplikasikan Microsoft Excel sesuai dengan harapan. Dengan demikian sedikit banyak makalah ini dapat membantu dalam menjawab semua rumusan masalah yang ada dan semua pertanyaan – pertanyaan yang berhubungan dengan Microsoft Excel.



Dihibahkan oleh : adhek bakar



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAKALAH KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA

KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA  BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Indonesia memiliki sejarah yang panjang mengenai kerajaan-ker...