BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Microsoft Excel (MS-Excel)
merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang
paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. Excel akan sangat membantu
kita dalam hal menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mampu
mempresentasikan data dalam bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang
disediakannya, mulai dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line dan banyak lagi. Excel
2000 merupakan pengembangan dari excel versi sebelumnya yang lebih ditingkatkan
fungsinya dan dikonsentrasikan agar spreadsheet ini lebih familiar (mudah
dipakai), lebih fleksibel, lebih mudah diintegrasikan dengan program office
lainnya dan yang tak kalah penting adalah kemampuan untuk langsung berhubungan
dengan internet. Walaupun demikian, Excel 2000 ini akan selalu dikembangkan
oleh pihak Microsoft sehingga akhirnya kita betul-betul dimanja oleh software
Microsoft ini.
Dalam makalah ini kami
menjelaskan mengenai cara menggunakan Mikcrosoft Excel khususnya dalam dunia
pendidikan.Karena fungsi Microsoft Excel sangat berperan penting dalam dunia
pendidikan khusunya bagi para calon guru.Contoh bahwa Microsoft Excel sangat
berperan penting dalam dunia pendidikan misalnya dalam mengentri data – data
nilai siswa,merangking hasil belajar siswa,pembayaran SPP siswa,presensi
kehadiran,dan lain – lain. Dengan alasan tersebut kami menyusun makalah
Microsoft Excel ini demi menunjang bagaimana cara menggunakan Microsoft
Excel.Dengan demikian pembaca dapat menggunakan makalah ini sebagai tuntunan
dalam mempelajari Teknologi Informasi khususnya dalam bidang Microsoft Excel.
B.
TUJUAN
1.
Mengetahui definisi dan fungsi
Microsoft Excel
2.
Mengetahui cara menggunakan Microsoft
Excel dengan baik dan benar
3.
Dapat mengaplikasikan Microsoft Excel
dalam bidang pendidikan
C.
RUMUSAN
MASALAH
1.
Apa definisi dan fungsi Microsoft
Excel?
2.
Bagaimana cara menggunakan Microsoft
Excel dengan baik dan benar?
3.
Bagaimana cara mengaplikasikan
Microsoft Excel dalam bidang pendidikan?
BAB II
PEMBAHASAN
A.
SEJARAH
PERKEMBANGAN MICROSOFT EXCEL
1)
SEBELUM ADA EXCEL
Program lembar kerja kalkulasi
atau electronic spreadsheet merupakan impian dari Dan Bricklin dan Bob
Frankston.Mereka mewujudkannya pada sebuah program yang diberi nama VisiCalc
pada akhir tahun 70-an ketika personal computer mulai merambah lingkungan
perkantoran.Program ini dibuat untuk dioperasikan di bawah computer Aplle
II.Ketika IBM PC muncul pada tahun 1982,saat VisiCalc dipersiapkan untuk dapat
beroperasi di sistem baru ini Mich Kapor dan Jonathan Sachs di
Cambridge,Massachusetts telah mempersiapkan saingannya melalui Lotus
Development Corporations,produk yang mereka beri nama 1-2-3.Program inilah yang
kemudian meroket bersama berkembangnya IBM PC hingga beberapa tahun kemudian
Lotus 1-2-3 dijadikan standar proram lembar kerja kalkulasi.Pengguna komputer
IBM rela merogoh kantongnya senilai $ 459 untuk paket program Lotus 1-2-3 versi
1.( bandingkan Excel 2002 dijual denga harga resmi sekitar $ 105 saja saat
lounching )*.Saat itu program-program lain yang mengkhususkan diri di bidang
spreadsheet diantaranya adalan MultiPlan yang dibuat oleh Microsoft.Hingga saat
itu program-program teresebut masih dalam tampilan teks atau character based (
bukan WYSIWYG seperti sekarang )
2)
VERSI-VERSI EXCEL
EXCEL 1
Sebagai pengembangan dari
Multiplan,pada tahun 1985 Microsoft Corporation mulai merilis Excel dengan
tampilan grafis yang dikenal dengan istilah What You See Is What You Get alias
apa yang terlihat di layer monitor akan sesuai engan apa yang dihasilkan jika
dicetak.Program ini dibuat untuk beroperasi di bawah computer Macintosh yang
sistem operasinya sudah berbasis grafis.
EXCEL 2
Versi perbaikan ini muncul tahun
1987.Sebenarnya program ini dipersiapkan unutk dapat beroperasi di luar
computer Macintosh yang sistem operasinya belum berorientasi grafis.Untuk
itulah diperlukan sistem operasi baru Microsoft Windows.Dengan demikian bagi
pengguna IBM PC, inilah versi pertama munculnya Microsoft Excel for Windows.
EXCEL 3
Pada akhir 1990 dirilis
Microsoft Excel 3 for Windows.Versi ini menawarkan banyak perkembangan yang
sangat berarti,seperti mulai digunakannya toolbar,kemampuan membuat gambar (
drawing tool ),worksheet outlining,dukungan add-in,grafik 3-D,workgroup editing
dan sebagainya.
EXCEL 4
Excel 4 mulai merambah pasaran
pada musim semi tahun 1992.Munculnya program ini bertepatan dengan makin
populernya sistem operasi windows 3.1 dan menampilkan banyak fasilitas
baru.Versi inilah yang disebut sebagai first popular version.
EXCEL 5
Versi ini mulai diedarkan di
awal 1994.versi ini membawa segudang pembaruan termasuk mulai dipakainya
multisheet workbook ( sebuah workbook yang mampu bersisi lebih dari 1 lembar
kerja ).Pada versi ini pula mulai dipergunakan bahasa pemrograman VBA.Di versi
ini Excel meninggalkan istilah database dan menggunakan istilah list ( daftar
),dan dilengkapi dengan fasilitas Pivot Table.
EXCEL 95 atau EXCEL 7**
Beredar pada musim panas tahun
1995.Ini adalah versi pertama dari excel 32 bit yang beroperasi di bawah sistem
operasi 95.Di sini disertai banyak fasilitas yang memudahkan pemakai,tetapi
pada dasarnya tidak banyak bedanya dengan Excel 5.
EXCEL 97 atau EXCEL 8
Versi ini menawarkan tampilan
dan kemampuan baru dari VBA developer.Tampilan toolbar dan menu
diperbarui,fasilitas online help,jumlah baris dalam lembar jumlahnya bertambah
4 kali lipat.Excel 97 juga mempunyai file format yang berbeda ( tidak dapat
dibuka pada versi sebelumnya ).Dilengkapi dengan Conditional Formatting,Data
Validation dan AutoComplete serta masih banyak lagi.
EXCEL 2000 atau EXCEL 9
Dirilis bulan Juni 1999 untuk
menyambut milenium baru .Fasilitas barunya yang cukup signifikan adalah
munculnya file format dalam HTML,kemampuan yang disebut self repair dan kemampuan
menyimpan objek hingga 12 buah dalam clipboard,sehingga ada istilah multiple
past untuk meletakkan lebih dari satu objek dari clipboard.Format filenya masih
kompatibel dengan Excel 97.
EXCEL 2002 atau EXCEL 10
Dirilis 31 Mei 2001,dan
menjanjikan banyak kemudahan bagi pemakainya.Tampilan grafis yang baru,file
recover yang menjamin tersimpannya keadaan terakhir suatu file ketika terjadi
masalah ( hang ).Fasilitas error checking smart tag yang memberi peringatan
jika kemungkinan terjadi kesalahan pada suatu sel.Disediakannya Function
Argumen Tool Tip yang akan dapat terhubung dengan help sehingga mampu.
menginformasikan apa maksud
argument yang harus diisikan pada suatu fungsi Excel.
Disamping versi-versi utama yang
disebutkan diatas,Microsoft masih juga mengeluarkan versi-versi perbaikan pada
setiap release Excel yang diras mempunyai kelemahan.Sebagai Contoh,Excel 97
disertai SR1 dan SR2 sebagai versi perbaikan.Pada Versi 2002 juga ada perbaikan
terutama pada fasilitas Drawing Tool.
MICROSOFT EXCEL 2003
Microsoft Excel 2003, untuk
selanjutnya disingkat Excel (untuk memudahkan membaca tutorial ini), adalah
program aplikasi yang bisa digunakan untuk menghitung, memproyeksikan,
menganalisa, dan mempresentasikan data. Disini kita akan banyak bersinggungan
dengan metode pembuatan tabel, formula dan grafik yang sangat dibutuhkan sekali
dalam penyusunan data-data penelitian, data usaha dan atau hal-hal lain yang
berhubngab dengan fungsi excel dalam kehidupan sehari-hari.
MICROSOFT
EXCEL 2007
Microsoft Excel merupakan
perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar,
penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak
ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang
paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut
misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang
dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan
menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan,
tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh permasalahan
yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang
memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau
pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah
laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan
pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.
B.
LEMBAR
KERJA MICROSOFT EXCEL 2007
Microsoft Excel 2007 memiliki tampilan
antarmuka berbeda dari versi – versi sebelumnya. Daftar perintah yang biasa
dikelompokkan dalam menu, kali ini dikelompokkan dalam beberapa tab yaitu :
Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, dan View.
Masing-masing kategori memiliki toolbar
yang dikelompokkan sesuai dengan kriterianya dan dapat diakses secara cepat dan
mudah. Selengkapnya tentang lembar kerja atau tampilan antarmuka Excel 2007
ditunjukkan pada gambar berikut:
JENIS-JENIS
POINTER MS. EXCEL
Berbeda dengan pointer dalam
Microsoft Word, dalam Excel pointer selain berguna sebagai penunjuk cell atau
objek juga dapat digunakan untuk operasi lain. Berikut beberapa jenis pointer
dalam Excel beserta fungsinya.
JENIS POINTER FUNGSI
Loading … Memilih
cell/range
Loading … Memindah
cell dan objek
Loading … Memperlebar/mempersempit
kolom
Loading … Memperlebar/mempersempit
baris
Loading … Mengopi
cell dan fungsi didalamnya
Tombol Penggerak Pointer
Microsoft Excel Untuk anda dapat bekerja dengan baik dan cepat dalam Excel
2007, anda dapat memanfaatkan beberapa konfigurasi khusus untuk menggerakkan
pointer/kursor. Berikut daftar tombol-tombol penggerak pointer :
TOMBOL FUNGSI
Anak panah kanan (→) Menggerakkan pointer satu cell ke kanan
Anak panah kiri (←) Menggerakkan pointer satu cell ke kiri
Anak panah bawah ( ↓ ) Menggerakkan pointer satu cell ke bawah
Anak panah atas ( ↑ ) Menggerakkan pointer satu cell ke atas
Page Down Menggulung
dokumen satu layar ke bawah
Page Up Menggulung
dokumen satu layar ke atas
Ctrl + → Pointer
ke kanak ke akhir data (tanpa selang)
Ctrl + ← Pointer
ke kiri ke akhir data (tanpa selang)
Ctrl + ↓ Pointer
ke bawah ke akhir data (tanpa selang)
Ctrl + ↑ Pointer
ke atas ke akhir data (tanpa selang)
Home Pointer
ke awal baris
Ctrl + Home Ke awal worksheet (A1)
Ctrl + End Ke
akhir sebuah data (bedakan dengan data tanpa selang)
Alt + Page Down Menggulung dokumen satu layar ke kanan
Alt + Page Up Menggulung dokumen satu layar ke kiri
Ctrl + Page Down Pindah ke sheet berikutnya
Ctrl + Page Up Pindah ke sheet sebelumnya
Ctrl + F6 Pindah
ke workbook berikutnya, untuk kembali ke workbook sebelumnya tekan Ctrl + F6
F6 Berpindah
antar jendela jika jendela di bagi dua
Tab Menggerakkan
pointer dalam worksheet yang diproteksi
Intruksi-intruksi Blok Ms. Excel 2007 –
Intruksi menggunakan Mouse
PERINTAH FUNGSI
Klik batang kolom (Column Headers) Memblok 1 kolom
Klik batang baris (Row Headers) Memblok 1 baris
Klik + Seret mouse (drag) Memblok sekumpulan data (range)
Ctrl + Klik atau seret Memblok beberapa range
Intruksi menggunakan keyboard
TOMBOL FUNGSI
Shift + Anak panah kanan Memblok 1 cell ke kanan
Shift + Anak panah kiri Memblok 1 cell ke kiri
Shift + anak panah bawah Memblok 1 cell ke bawah
Shift + Anak panah atas Memblok 1 cell ke atas
C.
MENGENAL
WORKBOOK DAN WORKSHEET MICROSOFT EXCEL 2007
Secara teknis, sebuah dokumen
excel biasa disebut dengan workbook (buku kerja). Sebuah workbook umumnya
memiliki beberapa worksheet (buku kerja). Secara default sebuah workbook Excel
memiliki 3 buah worksheet. Setiap worksheet biasanya mewakili sebuah halaman
dokumen. Beberapa dokumen/worksheet yang saling berhubungan dapat anda
kelompokkan menjadi sebuah workbook. Hal ini dapat membantu anda
mengklasifikasikan dokumen sesuai dengan keperluan.
Sebuah worksheet memiliki tampilan sama
seperti table dalam Ms.Word, tetapi dengan kemampuan perhitungan yang lebih
komplit dibandingkan kemampuan dari table Ms.Word. Sebuah workbook baru terdiri
dari 3 buah worksheet yang diberi nama Sheet1, Sheet2 dan Sheet3. Ketika anda
menekan tab worksheet, Excel akan menampilkan isi dari Worksheet yang
bersangkutan.
Cara Menambahkan Workbook Ms.
Excel 2007.
Cara 1:
Klik Office Button ( ) yang terletak
pada pojok kiri atas dokumen.
Pilih New.
Pada kotak dialog yang muncul pilih
Blank Workbook.
Klik Create
Cara 2:
Tekan tombol Ctrl bersamaan dengan tombol
N (Ctrl+N) pada keyboard.
Cara Menambahkan Worksheet Ms. Excel 2007 .
Cara 1:
Tekan tab Insert Worksheet yang terletak
disebelah kanan Sheet3.
Cara 2:
Tekan tombol Shift+F11 pada keyboard.
Cara 3:
Klik kanan pada salah satu tab
worksheet
Pilih Insert
Pada kotak dialog yang muncul pilih
Worksheet
Klik OK.
Cara Mengganti Nama Worksheet.
Cara 1:
Klik kanan tab worksheet yang akan
diganti namanya
Pilih Rename.
Ketikkan nama baru.
Cara 2:
Klik 2 kali tab worksheet yang akan
diganti namanya
Ketikkan nama baru
Cara Menghapus Worksheet .
Klik kanan tab worksheet yang akan
dihapus
Pilih Delete
Cara Membuka Workbook Microsoft
Excel 2007
Cara 1:
Klik Office Button.
Pilih Open.
Pada kotak dialog yang muncul pilih
tempat penyimpanan workbook.
Klik Open
Cara 2:
Tekan tombol Ctrl+O pada keyboard.
Pada kotak dialog yang muncul pilih
tempat penyimpanan workbook.
Klik Open
Cara Menyimpan Workbook
Cara 1:
Klik Office Button.
Pilih Save.
Pada kotak dialog yang muncul pilih tempat penyimpanan workbook.
Pada kotak isian file name isikan
dengan nama yang diinginkan.
Klik Save
Cara 2:
Tekan tombol Ctrl+S pada keyboard.
Pada kotak dialog yang muncul pilih
tempat penyimpanan workbook.
Pada kotak isian file name isikan
dengan nama yang diinginkan.
Klik Save
Cara Menutup Workbook Microsoft Excel 2007
Cara 1:
Klik Office Button.
Pilih Close.
Cara 2:
Klik tombol Close pada pojok kanan atas
dokumen.
Cara 3:
Tekan tombol Ctrl+W pada keyboard.
D.
MENGENAL
KOLOM, BARIS, CELL DAN RANGE MICROSOFT EXCEL 2007
Setiap worksheet terdiri dari kolom dan
baris. Nama kolom diawali dengan huruf A, B, C, dan seterusnya. Nama baris
diawali dengan angka 1, 2, 3, dan seterusnya. Perpotongan antara Kolom dan
Baris disebut Cell. Nama Cell dituliskan berdasarkan nama Kolom dan Baris.
Contoh:
Cell A1 => merupakan perpotongan antara
kolom A dan baris 1
Cell
D4 => merupakan perpotongan antara kolom D dan baris 4
Nama Cell berguna untuk menentukan
penggunaan rumus dan pengolahan data terhadap cell yang bersangkutan dan
memudahkan penulisan rumus/formula.
Contoh:
Perkalian antara cell A1 dan D4 dapat
dituliskan dengan =A1*D4
Gabungan/kumpulan dari beberapa cell biasa
disebut dengan Range.
Contoh;
Range (A1:D4) => merupakan hasil
seleksi/gabungan cell A1 sampai D4.
Range (D7:H10) => merupakan hasil
seleksi/gabungan cell D7 sampai H10.
Range berguna untuk mendefinisikan beberapa
cell untuk operasi aritmatika ataupun statistik.
Contoh:
=SUM(A1:D10) => merupakan perintah untuk
menjumlahkan cell pada jangkauan/range A1 sampai D10.
Cara Menambah Cell Microsoft Excel 2007
Untuk menambahkan cell baru didalam
worksheet dapat dilakukan dengan cara:
Klik tab Home
Pilih kategori Cells
Klik tanda panah pilihan insert
Pilih Insert Cells
Pilih salah satu opsi pilihan yang
tampil
Klik OK
Cara Menambah Garis pada Ms. Excel 2007
Untuk menambahkan baris baru didalam
worksheet dapat dilakukan dengan cara:
Klik tab Home
Pilih kategori Cells
Klik tanda panah pilihan insert
Pilih Insert Sheet Rows
Cara Menambah Kolom Microsoft Excel 2007
Untuk menambahkan kolom baru didalam
worksheet dapat dilakukan dengan cara:
Klik tab Home
Pilih kategori Cells
Klik tanda panah pilihan insert
Pilih Insert Sheet Columns
E.
MENULIS
TEKS DAN ANGKA DALAM CELL MICROSOFT EXCEL 2007
Untuk menuliskan teks dan angka dalam
sebuah cell dapat kita lakukan dengan mudah, cukup dengan seleksi cell yang
ingin diisikan teks/rumus dan ketikkan isinya.
Excel mengijinkan beberapa jenis pemasukan
data antara lain :
Labels : Teks berisi keterangan
seperti nama, alamat dan keterangan lain. Untuk menuliskan tipe data ini cukup
dengan klik cell yang akan diisi data, kemudian ketikkan teks yang akan
ditampilkan
Numbers : Teks berupa angka seperti 30, -198,
345,5 dan sebagainya. Untuk menuliskan tipe data ini cukup dengan klik cell
yang akan diisi data, kemudian ketikkan angka akan ditampilkan. Penulisan
karaktek koma(dalam format Indonesia)
atau titik(dalam format
Inggris) mendefinisikan angka decimal/pecahan.
Tanggal dan waktu : Excel
mengijinkan penulisan tanggal dan waktu sesuai dengan format yang dikenali.
Untuk menuliskan tipe data ini
cukup dengan menuliskan teks sesuai dengan format tanggal dan waktu.
Contoh :
Tanggal : 27/10/2008 atau
27-10-2008, dan sebagainya
Waktu : 13:30:00
Formula : Ekspresi untuk menghitung
hasil numeric/teks berdasarkan rumus tertentu. Untuk menuliskan rumus/formula
dalam excel dapat dilakukan dengan mengawali isi cell dengan karakter sama
dengan (=) kemudian diikuti rumus yang diinginkan.
Contoh : =A3+D9 menjumlahkan cell A3
dan D9.
Cara Mengubah Isi Cell Microsoft Excel 2007
Untuk
mengubah isi data dari cell dapat dilakukan dengan 3 cara.
Cara 1:
Klik cell yang ingin diubah
Aktifkan formula bar dengan cara klik
diarea formula bar.
Cara 2:
Klik dua kali cell yang ingin diubah
Kemudian ganti isinya dengan yang baru
Cara 3:
Klik cell yang ingin diubah
Tekan tombol F2 pada keyboard.
Kemudian ganti isinya dengan yang baru
Cara Menghapus Isi Cell
Untuk menghapus keseluruhan isi dari cell
anda dapat lakukan dengan mengaktifkan cell tujuan kemudian tekan Delete.
Sedangkan untuk menghapus data dalam sebuah range, dapat dilakukan dengan
memblok cell yang akan dihapus, kemudian tekan Delete.
F.
PENGATURAN
/ FORMAT CELL MS. EXCEL 2007
Untuk mengatur tampilan dan format dari
cell dapat dilakukan dengan cara:
Klik tab Home
Pilih kategori Cells
Klik tombol Format
Pilih Format Cells (atau dapat juga
dengan menekan tombol Ctrl+1). Sehingga akan ditampilkan kotak dialog format
cell.
Dalam kotak dialog format cell, terdapat 6
buah tab pilihan format, yaitu :
1. Numbering
Digunakan untuk mengatur format angka dari
cell. Terdapat 12 pilihan kategori jenis angka antara lain :
Tabel 5
2. Alignment
Digunakan untuk mengatur perataan dari
cell.
Terdapat 4 buah pengaturan :
1) Text alignment
Digunakan untuk mengatur perataan
teks,terdapat 2 buah opsi pengatura yaitu:
Horizontal : Perataan secara horizontal
Vertical derataan secara vertical
2) Text control
Wrap text : Membuat teks mengikuti ukuran
lebar cell
Shrink to fit : Membuat teks mengecil
mengikuti lebar cell
Merge cells : Menggabungkan cell
3) Right-to-left
Text Direction : Mengatur arah penulisan teks
4) Orientation
Mengatur derajat kemiringan dari teks.
3. Font
Digunakan untuk mengatur karakter huruf
dari cell
Terdapat 6 buah pengaturan :
1) Font
Digunakan untuk memilih jenis huruf yang
diinginkan.
2) Font Style
Digunakan untuk memilih gaya penulisan
(tergantung font),terdiri dari:
Regular
Italic (cetak miring) (Ctrl+I)
Bold (cetak tebal) (Ctrl+B)
Bold Italic (cetak tebal dan miring)
3) Size
Digunakan untuk mengatur ukuran huruf.
4) Underline
Digunakan untuk mengatur garis bawah huruf.
5) Color
Digunakan untuk mengatur warna huruf dan
garis bawah.
6) Effects
Digunakan untuk memberi efek huruf, terdiri
dari:
Strikethrough : efek coretan
Superscript : huruf berukuran kecil diatas
karakter umum (seperti pangkat)
Subscript : huruf berukuran kecil
dibawah karakter umum.
4. Border
Digunakan untuk mengatur bingkai/garis luar
dari cell
Terdapat 4 buah pengaturan :
Line
Digunakan untuk mengatur jenis garis
Color
Digunakan untuk mengatur warna garis
Presets
None : tanpa bingkai
Outline : memberi garis luar cell/range.
Inside : memberi garis dalam cell/range
Border
Digunakan untuk memberi garis sesuai arah
yang diinginkan.
5. Fill
Digunakan untuk memberi warna cell.
Terdapat 3 buah pengaturan :
Backgroud Color
Digunakan untuk memilih warna latar
belakang cell. Tombol pilihan Fill Effect digunakan untuk memberi warna dengan
efek tertentu.
Pattern Color
Digunakan untuk memilih warna arsiran dari
cell
Pattern Style
Digunakan untuk memilih jenis arsiran untuk
cell
6. Protection
Digunakan untuk melindugi isi cell dengan
mengunci dan/atau menyembunyikan rumus didalam cell.
G.
RUMUS-RUMUS
MICROSOFT EXCEL 2007
Salah satu kelebihan dari Excel 2007
sebagai program aplikasi pengolah angka adalah kemampuannya untuk melakukan
proses penghitungan dengan cepat dan mudah. Untuk melakukan penghitungan, kita bisa
menggunakan rumus dan fungsi. Rumus pada Excel mengikuti kaidah kaidah umum,
namun penulisannya disesuaikan dengan keyboard. Misalnya kita ingin mengetikkan
rumus “ 3×112 “ , maka kita menuliskannya pada Excel dalam bentuk “ 3*11^2 ”.
Yang perlu diingat, penulisan rumus pada Excel harus diawali dengan tanda = .
Sehingga contoh penulisannya “ =3*11^2 “.
Cara Menulis Rumus Ms. Excel 2007
Ada beberapa cara untuk menuliskan
rumus/formula dalam excel.
Cara 1:
cell untuk mengaktifkan cell yang akan
diberi rumus
Kemudian ketikkan rumus yang anda
inginkan pada formula bar, contoh : =F5-G5
Cara 2:
Klik cell untuk mengaktifkan cell yang
akan diberi rumus
Ketikkan sama dengan (=) pada keyboard.
(disertai rumus tertentu jika perlu).
Kemudian klik cell tujuan pertama.
Ketikkan operator melalui keyboard
Kemudian klik cell tujuan kedua.
Cara 3:
Klik cell untuk mengaktifkan cell yang
akan diberi rumus
Klik tombol insert function yang berada
disebelah kiri formula bar, sehingga muncul kotak dialog.
Pada bagian select category pilih
kategori rumus.
Kemudian pada bagian Select a function
pilih rumus/fungsi yang diinginkan.
Klik tombol OK, dan isikan data yang
diperlukan.
Klik OK.
Cara Menyalin Rumus Excel – [
Ada 2 cara untuk menyalin rumus dari satu
cell ke alamat cell lain:
Cara 1:
Klik/Blok cell yang akan disalin
Klik tab Home
Pilih kategori Clipboard
Klik tombol Copy (Ctrl+C)
Klik/Blok cell tempat penyalinan
Klik tombol Paste (Ctrl+V)
Cara 2:
Klik/Blok cell yang akan disalin
Arahkan ke pojok kanan bawah dari cell
sehingga akan muncul tanda kursor +
Drag kursor kearah cell akan disalin
(kanan/kiri/atas/bawah).
Operator Aritmatika –
Operator Aritmatika dipakai untuk
penghitungan dasar-dasar matematika, misalnya penjumlahan, pengurangan,
perkalian, pembagian dan lain lain.
Macam macam operator aritmatika:
Tabel operator di sini
Hierarki adalah urutan pelaksanaan eksekusi
suatu operasi jika terdapat beberapa operator sekaligus dalam satu rumus. Untuk
mempengaruhi urutan hierarki dapat dipengaruhi dengan mengelompokkannya menggunakan
tanda kurung.
Alamat Relatif dan Alamat Absolut –
a. Alamat Relatif
Jika kita punya sebuah rumus yang merupakan
operasi dari beberapa cell, maka Excel akan menerjemahkan alamat relatif
sebagai lokasi relatif suatu alamat cell atau range dari lokasi alamat lainnya.
Contoh : Pada Cell E5 berisi rumus “ =E3*E4
“, Jika rumus tersebut di copy ke sel F5, maka akan otomatis berubah menjadi “
=F3*F4 “.’
b. Alamat Absolut
Alamat absolut adalah alamat yang selalu
bernilai sama meskipun rumusnya di copy kan ke manapun. Penulisan alamat
absolut selalu ditambahkan tanda “ $ “ pada nama kolom dan/atau nomor barisnya
atau dengan menekan tombol F4 pada keyboard.
Terdapat 2 jenis alamat absolut:
1) Semi Absolut
Pada alamat semi absolut, penguncian hanya
dilakukan pada salah satu diantara kolom dan baris.
Contoh:
$C9 : Penguncian kolom C, dengan cara
ini ketika cell dicopy kekanan alamat cell akan tetap dibaca sebagai $C9 bukan
D9, namun ketika dicopy kebawah alamat cell akan berubah menjadi $C10.
C$9 : Penguncian baris 9, dengan cara
ini ketika cell dicopy ke bawah alamat cell akan tetap dibaca sebagai C$9 bukan
C10, namun ketika dicopy ke kanan alamat cell akan berubah menjadi D$9.
2) Absolut mutlak
Pada alamat absolut mutlak, penguncian akan
dilakukan pada kolom dan baris sekaligus.
Contoh:
Pada sel E3 kita isikan rumus “ =E2*$E$2 “.
Jika rumus itu kita kopikan ke sel F4, maka rumusnya akan menjadi “ =F2*$E$2 “.
Terlihat bahwa alamat E2 akan tetap. E2 disebut alamat absolut mutlak.
H.
FUNGSI
DALAM EXCEL
Sebagai sebuah pengolah angka yang canggih,
Excel 2007 menyediakan bermacam macam fungsi yang bisa digunakan untuk berbagai
keperluan.
Kategori fungsi yang disediakan antara lain
:
Fungsi Financial. Untuk mengolah data
keuangan
Fungsi Date & Time. Untuk mengolah
data tanggal dan waktu.
Fungsi Math & Trig, untuk mengolah
data matematika dan trigonometri.
Fungsi Statistical, untuk mengolah data
statistik.
Fungsi Lookup dan Reference, untuk mengolah
data berdasarkan tabel & data referensi.
Fungsi Database, untuk mengolah
database.
Fungsi Text, untuk memanipulasi teks.
Fungsi Logical, untuk pengolahan data
yang memerlukan pilihan pilihan logika.
Fungsi Information, untuk mendapatkan
informasi pada sel atau range.
Fungsi Engineering, untuk pengolahan
data teknik.
Masing-masing kategori fungsi terdiri atas
beberapa fungsi yang berbeda satu sama lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa Excel
2007 menyediakan banyak sekali fungsi dan sangat lengkap jenisnya.
BAB
III
PENUTUP
KESIMPULAN
Jadi kesimpulan dari penyusunan
makalah ini mengupas tuntas tentang bagaimana cara mengaplikasikan Microsoft
Excel sesuai dengan harapan. Dengan demikian sedikit banyak makalah ini dapat
membantu dalam menjawab semua rumusan masalah yang ada dan semua pertanyaan –
pertanyaan yang berhubungan dengan Microsoft Excel.
Dihibahkan oleh : adhek bakar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar