PENGERTIAN MANAJEMEN
Secara
Etimologis, Manajemen adalah kosa kata yang berasal dari bahasa Perancis kuno,
yaitu menegement yang berarti seni melaksanakan dan mengatur. Sejauh ini memang
belum ada kata yang mapan dan diterima secara universal sehingga pengertiaanya
untuk masing-masing para ahli masih memiliki banyak perbedaan.
Secara
umum manajemen juga dipandang sebagai sebuah disiplin ilmu yang mengajarkan
tentang proses untuk memperoleh tujuan organisasi melalui upaya bersama dengan
sejumlah orang atau sumber milik organisasi. Dalam hal ini manajemen dibedakan
menjadi 3 bentuk karakteristik, diantaranya adalah:
Sebuah proses atau seri dari aktivitas yang
berkelanjutan dan berhubungan.
Melibatkan dan berkonsentrasi untuk
mendapatkan tujuan organisasi.
Mendapatkan hasil-hasil ini dengan berkerja
sama dengan sejumlah orang dan memanfaatkan sumber-sumber dimiliki si organisasi.
Ditinjau
dari segi fungsinya, manajemen memiliki 4 fungsi dasar manajemen yang
menggambarkan proses manajemen, semuanya terangkum sebagai berikut:
Perencanaan
Perencanaan
melibatkan urusan memilih tugas yang harus di lakukan untuk mempertahankan
tujuan organisasi, menjelaskan bagaimana tugas harus dilaksanakan, dan memberi
indikasi kapan harus dikerjakan.
Aktivitas
perencanaan memfokuskan pada mempertahankan tujuan. Para manajer menegaskan
secara jelas apa yang organisasi harus lakukan agar berhasil. Perencanaan fokus
terhadap kesuksesan dari organisasi dalam jangka waktu pendek dan juga jangan
panjang.
Pengorganisasian
Pengorganisasian
yakni memberi tugas sebagai hasil dari tahapan perencanaan, tugas tersebut di
berikan kepada beragam individu atau grup didalam organisasi. Mengorganisir
adalah untuk menciptakan mekanisme untuk menjalankan rencana.
Pengaruh
Pengaruh
merupakan sebuah motivasi, kepemimpinan atau arah. Pengaruh dapat di
definisikan sebagai bimbingan dari aktivitas dari anggota organisasi dalam arah
yang dapat membantu organisasi lebih terarah untuk mencapai hasil atau target.
Pengendalian
Pengendalian
merupakan sejumlah peranan yang dimainkan oleh para manajer:
Mengumpulkan informasi untuk mengukur
performa.
Membandingkan performa masa kini dengan
sebelumnya.
Menentukan aksi selanjutnya dari rencana
dan melakukan modifikasi untuk menuai parameter performa diharapakan