Selasa, 03 Februari 2015

UPACARA ADAT TRADISIONAL DI KALIMANTAN TENGAH



UPACARA TRADISIONAL KALIMATAN TENGAH

Provinsi Kalimantan Tengah merupakan daerah yang memiliki aneka ragam tradisi yang berasal dari budaya Suku Dayak. Suku Dayak Kalimantan Tengah yang kemudian terbagi atas berbagai sub suku seperti Dayak Ngaju, Dayak Ot Danum, Dayak Ma'anyan, Dayak Lawangan,Dayak Taboyan, Dayak Siang dan sub Suku Dayak lainnya memiliki keunikan aneka tradisi tersendiri.

Tradisi berupa upacara ritual tersebut secara umum dibagi menjadi dua bagian yaitu ritus kehidupan dan kematian. Dari semua upacara ritual tersebut dikenal lima upacara yang bersifat besar dan melibatkan banyak orang serta dana yang tidak sedikit.

Suku Dayak di Kalimantan Tengah (Kalteng) mengenal lima ritual besar, mau tau lima ritual besar suku Dayak di Kalteng tersebut? Untuk menjawab rasa penasaran Anda sebenarnya semua ritual tersebut telah diterbitkan pada artikel sebelumnya karena lima ritual besar Suku Dayak di Kalteng antara lain adalah sebagai berikut:

1. Tiwah

Tiwah merupakan upacara ritual kematian tingkat akhir bagi masyarakat suku Dayak di Kalimantan Tengah (Kalteng), khususnya Dayak Pedalaman penganut agama Kaharingan sebagai agama leluhur warga Dayak. Upacara Tiwah adalah upacara kematian yang biasanya digelar atas seseorang yang telah meninggal dan dikubur sekian lama hingga yang tersisa dari jenazahnya dipekirakan hanya tinggal tulangnya saja.

untuk lebih lengkapnya silahkan klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAKALAH KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA

KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA  BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Indonesia memiliki sejarah yang panjang mengenai kerajaan-ker...