BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Islam
telah ada sejak zaman kenabian .sejak itu Islam terus berkembang hingga saat
ini. Namun, perkembangan islam tidak semudah apa yang kita lihat,saat ini
,ajaran islam mengalami mundur hingga akhirnya berjaya hingga saat ini.
periode setelah
1800 masehi dikatakan sebagai islam modern ,termasuk di dalamnya saat
ini. Dimasa ini banyak perkembangan dalam kehidupan islam,
peliputi pendidikan, politik,perdagangan dan kebudayaan .dan seluruh
perkembangan islam dirangkum dalam sejarah islam tersebut sejarah
islam tersebut terbagai menjadi 3 periode,yakni pertama disebut dengan
periodeklasik(650-1250M).periode kedua disebut periode pertengahan(1250-1800M).periode
ke tiga adalah periode modern (1800-sekarang).
Periode pertama yakni periode klasik(650-1250M)islam mengalami masa keemasanatau masa kejayaan .dengan di buktikan adanya luasnya wilayah kekuasaan islam,adanya intergrasi antar wilayah islam dan adanya puncak kemajuan islam di bidang ilmu dan sains .Namun sekitar tahun 1000-1250M keutuhan umat islam di bidang politik pecah ,kekuasaan khalifah menurun akhirnta tahun1251M dapat dikuasai dan di hancur kan Hulagu Khan.
Period eke dua ,yakni periode pertengahan(1250-1800M).pada periode pertengahan terbagi menjadi dua fase,pertama ,fase kemunduran(1250-1500M) zaman ini desentralisasikan dan disintegrasi semakin meningkat.Banyak wilayah yang memisahkan diri dari kekuasaan pusat. Kedua Fase 3 kerajaanbesar(1500-1800M). dimulai zaman kemajuan (1500-1700M) dengan tiga Negara ,yaitu kerajaan usmanidi Turkikerajaan syafawi di Persia, dan kerajaan mughaldi india yang Berjaya di bidang literature dan arsitektur.
Periode ke tiga yakni periode modern (1800m sekarang ). Periode ini di sebut juga periode pembaharuan karena merupakan zaman kebangkitan dan kesadaran umat islam terhadap kelemahan dirinya dan adanya untuk memperoleh kemajuan dalam berbagai bidang ,terutama dalam bidang pengetahuan danteknologi .pada bab ini kita hanya akan terfokus membahas mengenai periode Modern(1800-sekarang).
B. Rumusan
Masalah
1.
Perkembangan
islam pada masa modern
2.
Contoh
perkembangan islam modern
3.
Perkembangan
politik, ekonomi dan agama
BAB II
PEMBAHASAN
A.
perkembangan islam pada periode modern.
Dengan adanya penyimpangan-penyimpangan tersebut mendorong munculnya para penggagas dan pembaharu Muslim yang berusaha menyadarkan terhadap penyimpangan penyimpangan yang telah di lakukan agar kembali jalan yang di ridhoi allah SWT. Tokoh-tokoh tersebut antara lain :
1. Muhammad bin Abdul Wahap
Beliau lahir di Nejd(arab Saudi) pada tahun1115H(1703M) dan wafat di Daryah tahun 1201H(1787M) beliau seorang ulama besar yang froduktif terbukti dengan karangan bukunta tentang islam .Diantaranya bukunya berjudul “kitab at tauhid “.
2. Rifa’ah Badawi Rafi At Tahtawi atau At Tahw
Lahir di Tahta tahub1801.pemikirannya tentang ajaran islam adalah antara lain menyeru kepada umat islam agar hidup di dunia tidak hanya memikirkan kehidupan akhirat saja ,tetapi harus juga memikirkan kehidupan dunia ,agar umat islam tidak dijajah oleh bangsa lain
3.Jamaludin Al Afghani
Lahir di Afganistan tahun 1839M. Wafat di istambul Turki tahun1897M.pembaharuan pemikiran yang di munculkan ,antara lain mengajak umat islam kembali kepada ajaran yang murni ,mengajak para kaum wanita untuk biSa meraih kemajuan dan bekerja sama dengan kaum laki-laki ,kepemimpinan otokrasi di
Beliau lahir di Nejd(arab Saudi) pada tahun1115H(1703M) dan wafat di Daryah tahun 1201H(1787M) beliau seorang ulama besar yang froduktif terbukti dengan karangan bukunta tentang islam .Diantaranya bukunya berjudul “kitab at tauhid “.
2. Rifa’ah Badawi Rafi At Tahtawi atau At Tahw
Lahir di Tahta tahub1801.pemikirannya tentang ajaran islam adalah antara lain menyeru kepada umat islam agar hidup di dunia tidak hanya memikirkan kehidupan akhirat saja ,tetapi harus juga memikirkan kehidupan dunia ,agar umat islam tidak dijajah oleh bangsa lain
3.Jamaludin Al Afghani
Lahir di Afganistan tahun 1839M. Wafat di istambul Turki tahun1897M.pembaharuan pemikiran yang di munculkan ,antara lain mengajak umat islam kembali kepada ajaran yang murni ,mengajak para kaum wanita untuk biSa meraih kemajuan dan bekerja sama dengan kaum laki-laki ,kepemimpinan otokrasi di
rubah menjadiDemokrasi,Artinya islam
menghendaki pemerintahan republic yang di dalam nya terdapat kebebasan
mengemukakan pendapat dan Negara wajib tunduk kepada undang-undang ,dan
Plan Islamisme yaitu persatuan dan kesatuan umat islam harus ada karena
hal tersebut di atas segalanya.
B. Contoh Perkembangan Islam Modern
1.Ilmu pengetahuan di india
ide pembaharuan di india dan Pakistan pertamakali di cetuskan oleh syekh Waliyulloh pada abad ke 18 .kemudian di teruskan oleh anaknya syekh Abdul Aziz (1746-1823)dan di kembangkan oleh syekh Waliyulloh dan Sayid Ahmad Syahid.
2.ilmu pengetahuan di mesir
pembaharuan di mesir di ilhami dari pembaharuan yang dilakukan Sayid Jamaludin al Afghani di Turkisehingga muncul tokoh-tokoh pembaharu di mesir seperti Muh.Abduh ,Muh.Rasyid Ridha ,Tooha Husein ,san yusuf Al qardawi.
3.ilmu pengetahuan di turki
sultan Mahmud II dari kesultanan turki (1785-1839) mengadakan pembaharuan ,antara lain memasukan kurikulum ilmu pengetahuan ke dalam lembaga pendidikan islam ,mendirikan lembaga pendidikan “maktebi ma’arif”. Di samping itu ,sultan Mahmud IImendirikan perguruan-perguruan tinggi di bidang kedokteran,militer,dan teknologi.
4.perkembangan di bidang budaya
kebudayaan adalah hasil cipta dan karsa dari manusia untuk manusia itu sendiri dari masa ke masa kebudayaan semakin berkembang . termasuk didalamnya perkembangan budaya islam yang meliputi arsitektur,sastra ,dan kaligrafi .
B. Contoh Perkembangan Islam Modern
1.Ilmu pengetahuan di india
ide pembaharuan di india dan Pakistan pertamakali di cetuskan oleh syekh Waliyulloh pada abad ke 18 .kemudian di teruskan oleh anaknya syekh Abdul Aziz (1746-1823)dan di kembangkan oleh syekh Waliyulloh dan Sayid Ahmad Syahid.
2.ilmu pengetahuan di mesir
pembaharuan di mesir di ilhami dari pembaharuan yang dilakukan Sayid Jamaludin al Afghani di Turkisehingga muncul tokoh-tokoh pembaharu di mesir seperti Muh.Abduh ,Muh.Rasyid Ridha ,Tooha Husein ,san yusuf Al qardawi.
3.ilmu pengetahuan di turki
sultan Mahmud II dari kesultanan turki (1785-1839) mengadakan pembaharuan ,antara lain memasukan kurikulum ilmu pengetahuan ke dalam lembaga pendidikan islam ,mendirikan lembaga pendidikan “maktebi ma’arif”. Di samping itu ,sultan Mahmud IImendirikan perguruan-perguruan tinggi di bidang kedokteran,militer,dan teknologi.
4.perkembangan di bidang budaya
kebudayaan adalah hasil cipta dan karsa dari manusia untuk manusia itu sendiri dari masa ke masa kebudayaan semakin berkembang . termasuk didalamnya perkembangan budaya islam yang meliputi arsitektur,sastra ,dan kaligrafi .
Masa moderen dalam sejarah islam di
katagorikan bermula dari tahun 1800 M dan berlangsung pada masa sekarang yang
di tandai dengan gerakan pembaruan dalam berbagai bidang. Saat islam mengalami
kemunduran, bangsa Eropa justru mengalami kemajuan luar biasa dalam lapangan
kebudayaan, ekonomi, ilmu pengetahuan, dan teknologi, Oleh karena itu, pada
periode ini kondisi dunia islam berada di bawah pengaruh kolonialisme dan
imperialisme Eropa tersebut.
Dalam perjalanan sejarah, baru pada
pertengahan abad 20M, dunia islam bangkit memerdekakan negrinya dari
penjajahan. Periode ini memang merupakan zaman kebangkitan kembali islam
setelah mengalami kemundururan di periode pertengahan. Adapun inspirasi
kebangkitan di mulai pada saat Napoleon Bonaparte menduduki Mesir di tahun
1798M. Meskipun penduduk tersebut tidak berlangsung lama, tetapi hal itu meninggalkan
kesan yang mendalam pada diri umat islam tentang kemajuan Eropa dan
ketertinggalan peradaban kaum muslim. Kesadaran ino lah yang kemudian berubah
menjadi berubah menjadi sebuah upaya dan agenda besar umat islam di abad
moderen ini guna melakukan pembaruan dan modernisasi.
C. Perkembangan Agama, Politik, Ekonomi
1.
Perkembangan Agama
Masa moderen ini
memberi landasan intelektual bagi pembaruan di berbagai bidang, termasuk dalam
bidang Agama. Dalam istilah Arab, pembaruan di kenal dengan nama Tajdid. Adapun
secara istilah, Tajdid di formulasikan sebagai upaya dan aktivitas untuk
mengubah kehidupan umat islamdari keadaan yang sedang berlangsung kepada
keadaan yang hendak di wujudkan demi upaya kesejahteraan, baik di dunia maupun
di akhirat, di kehendaki oleh islam. Kata pembaharuan islam mempunyai
makna”modernisasi”, yaitu ajaran islam yang bersifat relatif dan terbuka untuk
perubahan serta pembaruan.
Islam adalah agama
yang memberi kebebasan kepa umatnya untuk mengekspresikan diri asalkan sesuai
dengan kaidah ajaran islam Dan sejalan dengan tujuan penciptanya, yakni untuk
beribadah kepada Allah SWT. Perjalanan sejarah umat islam telah membuktikan
bahwa setiap saat ada umat yang senantiasa berposisi sebagai pemberi motivasi
atau pembaru bagi masyarakat.
Salah satu pelopor
pembaru dalam dunia islam Arab adalah satu aliran yang bernama Wahabiah yang
sangat berpengaruh di abad ke-19. Pelopornyo adalah Muhammad bin Abdul Wahab
(1703-1787M) yang berasal dari Nejed, Saudi Arabia. Pemikiran yang dikemukakan
oleh Muhammad bin Abdul Wahab adalah upaya untuk memperbaiki kedudukan umat
islam dan merupakan reaksi terhadap paham tauhid yang terdapat di kalangan umat
islam saat itu. Paham tauhid mereka telah tercampur aduk oleh ajaran tarikan
yang sejak abad ke-13 tersebar luas di dunia.
Di setiap negara
islam yang dikunjunginya, Muhammad bin Abdul Wahab melihat makam syekh tarika
yang bertebaran. Setiap kota, ke makam itu lah umat islam pergi dan meminta
pertolongan dari syekh, syekeh atau wali yang telah meninggal dunia di pandang
orang yang berkuasa. Perbuatan ini merupakan paham Wahabiah termasuk syirik
karena permohonan tersebut tidak di paham lagi dipanjatan kepada Allha
SWT.
Oleh karena itu,
tidak mengherankan apabila Muhammad bin Abdul Wahab memutuskan perhatiannya
pada persoalan ini. Ia memiliki pokok pemikiran sebagai berikut.
- Yang harus di sembah hanyalah Allah SWT. Dan orang yang menyembah selain dari-Nya telah diinyatakan musyrik.
- Kebanyakan orang islam bukan lagi penganut paham tauhid yang sebenarnya karena mereka meminta pertolongan bukann lagi kepada Allah, melainkan dari syekeh. Orang islam yang berperilaku demikian dinyatakan musyrik
- Menyebut nama nabi,syekeh,atau malaikat sebagai pengantar dalam doa juga dikatakan sebagai syirik.
- Meminta syafaat selain kepada Allah adalah juga merupakan syirik
- Benazar kepada selain dari Allah juga perbuatan syirik
- Memperoleh pengetahuan selain Al Quran, hadis, dan kias merupakan ke kufuran
- Tidak percaya kepada kada dan kadar Allah merupakan kekufuran
- Menafsirkan Al Quran dengan takwil atau interpretasi bebas juga termasuk kekufuran.
Untuk mengembalikan
kemurnian tauhid tersebut, makam-makam yang banyak dikunjungi dengan tujuan
mencari syafaat, keberuntungan, dan lain-lain sehingga membawa kepada paham
syirik. Pemikiran-pemikiran Muhammad bin Abdul Wahab yang mempunyai pengaruh
pada perkembangan pemikiran pembaruan di abad ke-19 adalah sebagai berikut:
- Hanya Al Qurandan hadis yang merupakan sumber asli ajaran-ajaran islam. Pendapat ulama bukanlah merupakan sumber.
- Taklid kepada ulama tidak dibenarkan
- Pintu ijtihad senantiasa terbuka dan tidak tertutup.
Muhammad bin Abdul
Wahab merupakan pemimpin yang aktif berusaha mewujudkan pemikirannya. Pemikiran
Muhammad bin Abdul Wahab juga di kembangkan di indonesia yang awalnya di bawa
oleh haji asal minangkabau, yaitu Haji Miskin, Haji Piobang, Haji Sumanik.
2. Perkembangan Politik
Terdapat dua agenda
pemburuan dalam masyarakat islam tentang perkembangan politik yaitu:
a. Persoalan
Internasional Politik Islam
Jamaluddin AL Afgani
merupakan tokoh utama penggagas internasionalisme. Islam secara politik.
Menurut Al Afgani, umat islam harus menyatukan barisan dan kekuatannya dalam
satu bentuk Pan-Islamisme. Halini menjadi sangat penting untuk membentengi diri
umat Islam dari dominasi penjajahan Barat. Konsep nasionalisme, yang membuat
umat islam terpecah-pecah dan terkotak-kotak dalam sekian banyak notion-state,
tidak akan konduktif dan tidak dapat diharapkan untuk menghadapi dominasi Barat
tersebut.
b. Persoalan Hubungan
Agama dengan Konsep Negara dalam Islam
Respon umat islam
terhadap masalah ini muncul dalam tiga bentuk, respon kalangan modermis,
revivalis, dan sekularis. Menurut kalangan revivalis, bentuk negara islam harus
di kembalikan ke dalam bentuk pengalaman awal sejarah umat islam . Menurut
tokohnyo, Abul A’la Al Mududin, kedalutan tertinggi dalam islam adalah
Tuhan,Oleh karena itu, Al Quran haruslah menjadi konstituti dasar suatu negara
islam.
Bagi kalangan
Modernis, Bentuk Negara islam di serahkan sepenuhnya kepada kebutuhan zamannya
masing-masing, Yang terpenting adalah bahawa pengelolahan politiknya harus
mempunyai landasan etik Islam yang kuat.
Yang paling
kontrovesial adalah kalangan sekularis. Berawal dengan menjelaskan sifat
kepemimpinan Nabi, Ali Abdurraziq sampai pada kesimpulan bahwa islam tidak
mengatur masalah –masalah kenegaraan, tidak memerintahkan, dan juga tidak
melarangnya. Hal ini tampak dalam kepemimpinan Nabi yang murni bersifat
keagamaan. Muhammad dalam pandangan Ali Abdurraziq, menyerahkan sepenuhnya
masalah kenegaraan kepada umat islam secara rasional dan berdasarkan pengalaman
historisnya masing-masing untuk mengatur, mengelola, dan memformat negaranya.
3.
Perkembangan Ekonomi
Perekonomian penduduk
yang merupakan syarat utama bagi kelangsungan hidup dan hal ini disadari oleh
Kerajaan Usmani sebagai negara yang mengalami awal masa pembaruan. Maka dalam
hal perekonomian, Kerajaan Usmani melakukan hal-hal berikut:
- Pada periode pertama, Usmani bertujuan menguasai beberapa jalur perdagangan dan beberapa sumner produktif.
- Berbagai produk dari Irian, Teluk Persia, dan, Laut Merah membantu dalam menjadikan Usmani sebagai pusat perdagangan yang makmur.
- Beberapa rute haji mengantar warga dari berbagai wilayah Kerajaan Usmani ke Mekah dan Madinah. Mekah merupakan sebuah kota pusat perdagangan rempah-rempah, mutiara, lada, dan kopi.
- Penyediaan sarana kendaraan haji di Damaskus, Koiro, dan Bagdad menjadi kegiatan bisnis yang penting.
- Dalam rentangan abad 15 dan 16, Basrah menjadi pusat perdagangan terbesar di Anotolia serta berbagai dermaga terbesar dalam pertukaran barang –barang.
- Kota Istambul di bangun dengan merekontruksi beberapa institusi publik seperti sekolah, rumah sakit, tempat pemandian umum, dan tempat pengapdian.
- Pada abad 17 dan 18, berlangsung perubahan situasi yang sangat menonjol dalam sistem kerajaan Usmani, artinya terjadi pula pecahnya peperangan yang berkepanjangan antara petinggi pusat dan petinggi lokal untuk memperebutkan kekuasaan terhadap pendapatan atas pajak produksi penduduk.
D.
Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Beberapa tokoh yang
terkenal dalam dunia ilmu pengetahuan atau pemikiran islam tersebut antara lain
sebagai berikut:
1. Jamaluddin Al
Afgani (Iran Turki 9 Maret 1897)
Salah satu sumbangan
terpenting di dunia islam diberikan oleh Sayid Jamaluddin Al Afgani. Gagasan
mengilhami kaum muslim di turki, iran, mesir, dan india.
2. Muhammad Abduh
(Mesir 1849-1905) dan Muhammad Rasyid Rida
Guru dan murid
tersebut sempat mengunjungi beberapa negara Eropa dan terkesan dengan
pengalaman mereka di sana. Rasyid Rida mendapat pendidikan islam tradisional
dan mengguasai bangsa asing.
3. Toha Husein (Mesir
Selatan 1889-1973)
Toha Husein adalah
seorang sejarawan dan filsuf yang amat mendukung gagasan Muhammad Ali Pasya. Ia
merupakan seseorang pendukung modernisme yang gigih.
4. Sayid Qutub (Mesir
1906-1966)dan Yusuf Al Qardawi
Al Qardawi menekankan
perbedaan modernisasi dan pembaratan. Jika modernisasi yang dimaksud bukan
berarti upaya pembaratan dan memiliki batasan pada pemanfaatan ilmu pengetahuan
modern serta peneratan teknologinya, maka Islam tidak menolaknya, bahkan
mendukungnya.
5. Sir Sayid
Ahmad Khan (India 1817-1898)
Sir Sayid Ahmad Khan
adalah pemikir yang menyerukan saintifikasi masyarakat muslim. Seprti halnya Al
Afgani, ia menyerukan kaum muslim untuk meraih ilmu pengetahuan moderen. Akan
tetapi, berbeda dengan Al afgani, ia melihat adanya kekuatan yang membebaskan
dalam ilmu pengetahuan dan teknologi moderen.
6. Sir Muhammad Iqbal
(Punjab 1873-1938)
Generasi awal abad
ke-2 adalah Sir Muhammad Iqbal yang merupakan salah seorang muslim pertama dfi
anak benua india yang sempat mendalami pemikiran Barat moderen dan mempunyai
latar belakang pendidikan yang bercorak tradisional intelektual islam.
E.
Perkembangan Seni dan Budaya
Hal yang dapat di pelajari
di berbagai negara islam atau negara yang berpenduduk mayoritas umat islam
adalah:
1.
Arsitektur
Arsitektur ada yang
berfungsi melayani keagamaan, seperti masjid, makam, madrasa dan adapula yang
berfungsi melayani kepentingan sekunder, seperti istana, benteng, jalan-jalan
raya, karava serai.Di bidang perhotelan telah di bangun hotel-hotel mewah
bertaraf internasional antara lain :
Masjidil Haram
artinya masjid yang di hormati atau dimuliakan. M asjid ini berbentuk empat
persegi terletak di tengah-tengah kota mekah, Masjid ini merupakan masjid
tertua di dunia.
Masjid Nabawi adalah
Masjid yang megah dan indah serta sangat luas.Masjid Nabawi bertahmbah megah
dan indah dengan adanya sepuluh buah manara yang menjulang tinggi, 95 buah
pintu yang lebar dan indah, dan juga kubah masjid yang dapat terbuka dan
tertutup.
Sekarang ini Tehera
merupakan salah satu kota terbesar di Asia. Bangunan arsitektur peninggalan
Dinasti Qatar yaitu:
- Istana Niavarand, tempat kediaman Syah Muhammad Reza Pahlepi dan keluarganya
- Pengkuburan Behesyyti Zahara, Pekuburan ini tempat dimakamkah puluhan ribu pahlawan Revolusi islam.
2. Sastra
Pada masa pembaharuan telah bermunculan para sastrawan yang berkarya sastranya bersifat islami di berbagai negara, misalnya
Pada masa pembaharuan telah bermunculan para sastrawan yang berkarya sastranya bersifat islami di berbagai negara, misalnya
- Seorang sastrawan dan pemikir besar, menjelang abad ke-20 telah lahir di Pskitan (1877-1938)yang bernama Muhammad Iqbal, ia telah mengungkapakan filsafat tentang puisi menggunakan bahasa Urdu dan Persi.
- Mustafa Lutfi Al-Manfaluti (1876-1926) seorang sastrawan dan ulama Al Azhar
- Dr. Muhammad Husain Haekal (1888-1956) pengarang yang telah menulis Hayatu Muhammmad
- Jamil Sidiq Az-Zahawi (1863-1936)seorang perintis sajak moderen dan seorang penyair tua
- Abdus Salam Al-Ujaili (Lahir 1918)Seorang sastrawan di Suriah dan juga seorang dokter medis
- Aisyah Abdurrahman seorang dokter dalam sastra klasik
3.Kligrafi
Kata Kaligrafi
berasal dari Bahasa Yunani: Kaligrafia atau kaligraphos. Kallos
berarti indah gropho berarti tulisan.jadi kaligrafi berarti indah
yang mempunyai nilai estetis.
Perhatian umat islam
indonesia terhadap seni kaligrafi cukup bagus. Hal ini ini di tandai antara
lain:
- Diadakan pameran lukisan kaligrafi nasional
- Di selengarakannya Mussabaqah khaaf indah Al-Quran dalam setiap MTQ.
F.
Hikmah Perkembangan Islam pada Masa Moderen
·
Sejarah di kemukakan dalam Al Quran sebagai kisah atau peristiwa yang
dialamiumatmanusia di masa lalu.
·
Pelajaran yang dapat diambil dari sejarah dapat menjadi pilihan
ketika mengambil sikap.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Masa pembaharuan (Modern) bagi dunia islam adalah masa yang dimula
dar tahun 1800M sampai sekarang. Masa pembaharuan ditandai dengan adanya
kesadaran umat islam terhadap kelemahan dirinya dan adanya dorongan untuk
memperoleh kemajuan dalam berbagai bidang, khususnya dalam bidang ilmu
pengetahuan dan teknologi.
Pada awal masa pembaharuan , kondisi islam secara politis berbeda
di bawah penetrasi kolonialisme. Baru pada pertengahan abad ke-20 M dunia islam
bangkit memerdekakan negaranya dari penjajahan bangsa barat (Eropa).
Diantara Negara-negara islam atau Negara-negara penduduk mayoritas
umat islam, yang memerdekakan dirinya dar penjajahan seperti:
· Indonesia, memperoleh
kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1947.
· Pakistan pada
tanggal 15 Agustus 1947.
· Mesir secara pormal
memperoleh kemerdekaan dari Inggris tahun 1922 M. namun mesir baru merasa
benar-benar merdeka pada tanggal 23 Juli 1952. yakni setelah jamal Abdul Nasir
menjadi penguasa. Karena dapat menggulingkan raja Faruq yang dalam masa
pemerintahannya pengaruh inggris sangat besar.
· Irak merdeka secara
pormal dari penjajah inggris tahun 1932M, tetapi sebenarnya baru benar-benar
merdeka tahun 1958M,.
· Syira dan Libanon
merdeka dari penjajah prancis tahun 1946M.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar